Home » » Rahmani Timorita Yulianti, Doktor Baru FIAI

Rahmani Timorita Yulianti, Doktor Baru FIAI

Yogyakarta (Bingkai FIAI) Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia  (FIAI UII) miliki doktor pertamanya Dr. Rahmani Timorita Yulianti, M.Ag setelah berhasil mempertahankan disertasinya dalam ujian terbuka Program Doktor yang berlangsung di Gedung Convention Hall Lantai II Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Kamis, 12 Juni 2014.
Wanita kelahiran Kupang, Timor, Nusa Tenggara Timur 27 Juli 1964 ini menyandang gelar Doktor Ilmu Studi Islam dengan predikat sangat memuaskan. Ia berhasil mempertahankan disertasinya berjudul Penerapan Prinsip-Prinsip Good Corporate Governance Di Lembaga Pengelola Zakat Daerah Istimewa Yogyakarta di bawah bimbingan Prof. Dr. H. Abd. Salam Arief, M.A dan Dr. Zaenal Arifin, M.Si dan di hadapan dewan  penguji Dr. Ahmad Yani Anshori, M.A., Dr. Munawar Ahmad, M.A., Dr. Oktoberriansyah, M.Ag., dan Prof. H. Jawahir Tantowi, S.H., Ph.D.
Menurut promovenda, disertasinya merupakan penelitian dilatarbelakangi kegelisahan tentang penerapan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) bagi Lembaga Pengelola Zakat (LPZ) sebagai sarana mewujudkan profesionalisme dan meningkatkan kepercayaan publik belum terwujud. Penelitian ini bertujuan mendesain pola implementasi prinsip-prinsip GCG di LPZ DIY”, ujar Rahmani.
Dalam penelitianya, ia menemukan empat hal yang menjadi masalah dalam pengelolaan zakat yaitu pemahaman pengelola LPZ DIY mengenai prinsip-prinsip GCG memiliki indeks bervariasi, perbedaan pemahaman pengelola LPZ DIY mengenai prinsip-prinsip GCG disebabkan kecenderungan terhadap pengetahuan dan kesadaran (awareness) dari proses belajar di pendidikan formal dan informal, metode penerapan prinsip-prinsip GCG di LPZ DIY umumnya meliputi tahap persiapan, implementasi, dan evaluasi, dan pola implementasi prinsip-prinsip GCG di LPZ DIY umumnya meliputi dua perspektif, yaitu prinsip-prinsip dasar dan pemangku kepentingan. “Kontribusi disertasi ini dalam pengembangan ilmu etika ekonomi Islam, khususnya pengembangan model tata kelola yang baik di LPZ atau Good Amil Governance (GAG) dengan menggunakan dua perspektif, yaitu prinsip-prinsip GAG dan pemangku kepentingan, sehingga terbangun metode penerapan dan pola implementasi prinsip-prinsip GAG”, ungkapnya.
Lebih lanjut ia memaparkan dasar implementasi GAG bukan hanya prinsip-prinsip kebaikan dan etika  dalam bentuk budaya dan sistem organisasi saja, namun juga keyakinan dan keimanan stakeholders, yang mendasari peraturan, kebijakan dan pedoman implementasi prinsip-prinsip GAG di LPZ. secara teknis penelitian ini telah menghasilkan seperangkat etika yang harus diterapkan  melalui metode penerapan dan pola interaksi dalam tata kelola amil yang baik (Good Amil Governance), berdasarkan kepada keimanan kepada Allah swt.”, katanya.

Ujian dihadiri keluarga, Wakil Rektor I UII, Dr.Ing. Ilya Fajar Maharika, dan Direktur Organisasi dan Sumber Daya Manusia, Dr.rer.nat. Arief Fahmi dan berbagai koleganya FIAI UII. (a.nurozi)

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts

FAQ's

Teknologi

Technology

Live Traffic

Blogroll

Total Pageviews

Twitter (Follow Us)

Gadgets

Business

Nature

Featured Content Slider

Social Icons

Followers

Featured Posts

Radio Streaming 98.7 Gen FM

Statistic

Kesehatan

Footer Widget 1

Social

Footer Widget 3

Agenda Terdekat

Agenda Terdekat
Milad UII Ke-71

Blogroll

Contact Form

Name

Email *

Message *

Like Us

Test Footer 2

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ "Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar." (QS.al-Baqarah [2]:153)

Lowongan Pekerjaan Terbaru

Kehidupan

Advertise Here

Powered by Blogger.

Footer Widget 2

Download Ae Sakarepe

Cari Artikel

Recommended