Home » » Masih Banyak Arah Kiblat Masjid Yang Tidak Tepat

Masih Banyak Arah Kiblat Masjid Yang Tidak Tepat

Berbah, Sleman (Global FIAI News). Menanggapi permintaan dari beberapa takmir masjid di dusun Jomblang Tegal Tirto Berbah Sleman DIY, kemarin Ahad, 22 Maret 2009 Pusat Konsultasi Dan Bantuan Hukum Islam (PKBHI) FIAI UII bergerak ke masjid Darussalam dan masjid al Amin yang terletak masih dalam satu kampung untuk  melakukan penghitungan dan pengukuran arah kiblat kedua masjid tersebut. Bersama pakar falak nasional sekaligus dosen FIAI, Drs. Sofwan Jannah, M.Ag dibantu oleh rekannya Drs. Muntoha dari Badan Hisab Rukyat Yogyakarta serta beberapa mahasiswa Prodi Hukum Islam yang tengah mempelajari ilmu falak, mereka pertama kali mengukur arah kiblat masjid Darusslam.
“kita akan menghitung dan mengukur arah kiblat masjid ini dengan menggunakan tiga macam metode yaitu bantuan sinar matahari, theodolit dan kompas magnet dilengkapi alat bantu seperti GPS (Global Positioning System), Theodolite, Kompas Suunto, Mistar dan Busur, Calculator, Software Google Earth dan Laptop ” ucap Sofwan dan Muntoha.
Namun ternyata kondisi cuaca mendung dan turun hujan sehingga tanpa menggunakan bantuan matahari. Berdasarkan penghitungan dan pengukuran yang dilakukan di kedua masjid tersebut ditemukan kondisi yang cukup mencengangkan pertama masjid Darussalam, Lintang tempat/lokasi  07º 48' 45.10"  Lintang Selatan, Bujur tempat/lokasi 110º 27' 10.00"  Bujur Timur, Arah Kiblat 24º  41' 40.99"  Barat-Utara dan 65º  18' 19.01"  Utara-Barat, Azimut Kiblat 294º 41' 40.99", Arah Bangunan 272º 32' 40.00", Jarak ke Ka’bah 8.358,43 Km, Penyimpangan dalam 1º145,76 Km  menjauhi Ka’bah. Dengan demikian diketahui bahwa arah kiblat di masjid tersebut hampir tiga meter jauh dari kiblat yang sebenarnya.
Hal yang sedikit berbeda juga ditemui dimasjid al Amin yakni Lintang tempat/lokasi  07º 48' 54.50"  Lintang Selatan, Bujur tempat/lokasi 110º 27' 07.88"  Bujur Timur, Arah Kiblat 24º  41' 43.77"  Barat-Utara dan 65º  18' 16.23"  Utara-Barat, Azimut Kiblat 294º 41' 43.77", Arah Bangunan 261º  48' 10.00 ", Jarak ke Ka’bah 8.358,49 Km, Penyimpangan dalam 1º145,76 Km  menjauhi Ka’bah maka arah kiblat masjid ini setelah melaui perhitungan dan pengkuran diketahui telah melenceng sekitar dua meter dari arah kiblat yang sejatinya.
Melihat hal ini takmir masjid setempatpun kagum dan terkaget akan kenyataan tersebut. ”wah ternyata jauh sekali kekurangannya” gumam Bayu NW, Takmir masjid al Amin.

          Sementara sebagai bentuk legislasi atas hasil penghitungan dan pengukuran tersebut, PKBHI mengeluarkan sertifikat yang menyatakan bahwa kedua masjid tersebut telah diukur kebenaran arah kiblatnya oleh tim falak dari PKBHI FIAI UII disertai Berita Acara Perhitungan dan Pengukuran Arah Kiblat yang ditanda tangai oleh tim disaksikan oleh takmir dan tokoh masyarakat setempat. (A. Nurozi)

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts

FAQ's

Teknologi

Technology

Live Traffic

Blogroll

Total Pageviews

Twitter (Follow Us)

Gadgets

Business

Nature

Featured Content Slider

Social Icons

Arsip Blog

Followers

Blog Archive

Featured Posts

Radio Streaming 98.7 Gen FM

Statistic

Kesehatan

Footer Widget 1

Social

Footer Widget 3

Agenda Terdekat

Agenda Terdekat
Milad UII Ke-71

Blogroll

Contact Form

Name

Email *

Message *

Like Us

Test Footer 2

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ "Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar." (QS.al-Baqarah [2]:153)

Lowongan Pekerjaan Terbaru

Kehidupan

Advertise Here

Powered by Blogger.

Footer Widget 2

Download Ae Sakarepe

Cari Artikel

Recommended