Home » » RAKORJA FIAI, Upaya Meningkatkan Mutu dan Atmosfer Akademik

RAKORJA FIAI, Upaya Meningkatkan Mutu dan Atmosfer Akademik

Kaliurang (Global FIAI News) Sebagai langkah evaluasi dan proyeksi satu tahun ke depan, FIAI mengadakan Rapat Koordinasi Kerja (RAKORJA) di Gedung Prof. Dr. M. Sardjito, MD., MPH Kampus Terpadu UII, kamis 2 April lalu dengan tema “Revitalisasi Peran FIAI dalam Meningkatkan Mutu dan Atmosfer Akademik”. “Tema ini sengaja di pakai melihat realita yang ada di FIAI yang saat ini tengah terus berusaha meningkatkan mutu dan kualitas sumber daya manusianya dan suasana akademik yang kondusif” ucap Drs. Sofwan Jannah, M.Ag ketua panitia RAKORJA FIAI dalam rapat panitia.
          RAKORJA yang berlangsung sukup lama ini menghadirkan Ketua Badan Wakaf UII yang diwakili oleh pengurus badan wakaf Prof. Dr. Jawahir Tantowi Ph.D dan Rektor UII Prof. Dr. Edy suandi Hamid, M.Ec. Dalam sambutannya Edy menegaskan kembali tentang keberadaan Universitas Islam Indonesia untuk menjadi bagian dari World Class University atau universitas yang mendunia dan sejajar dengan universitas-universitas ternama kelas dunia. Maka berbagai upaya terus dilakukan termasuk dapat mencapai tujuan tersebut.
Sementara Drs. M. Fajar Hidayanto, MM, dekan FIAI mengatakan evaluasi penting dilakukan sebagai sarana meningkatkan mutu dan atmosfer akademik di FIAI begitu juga sharing atau tukar pikiran pengalaman mengenai kualitas FIAI yang sebelumnya telah berjalan. Tidak hanya itu, Fajar juga membahas tentang peningkatan intelektual dosen, kemahasiswaan, silaturahmi alumni, optimalisasi marketing, penelitian, regenerasi pegawai dan rekrutmen dosen muda serta pelatihan kepegawaian untuk meningkatkan pelayanan yang baik kepada konsumen yaitu mahasiswa.
          Dalam RAKORJA  terbagi menjadi tiga komisi yakni komisi A yang membahas tentang akademik. Beberapa point penting dihasilkan oleh komisi ini antara lain rekruitmen dosen berdasarkan rasio kebutuhan, workshop kurikulum berbasis hasil riset, pembaharuan media pembelajaran (SAP, Silabi, Diktat, Handout, Modul), pengawasan proses perkuliahan, seminar berbasis kepentingan keilmuan bukan berdasar pada kepentingan institusi kotemporal, pembentukan rumpun keilmuan dalam rangka membentuk kompetensi dosen, publikasi ilmiah (buku), optimalisasi publikasi dalam bentuk website, diskusi ilmiah rutin, penelitian unggulan FIAI dan media sebagai pembentuk brand image. Komisi B yang membahas hal-hal non akademik lebih berkonsentrasi pada program-program kerja yang mengarah ke peningkatan sarana dan prasarana fakultas dan sumber daya manusianya seperti tenaga-tenaga edukatif dan administratif. Sementara untuk mengakomodir alumni FIAI dan mahasiswa FIAI, komisi C membahas keberadaan mahasiswa saat ini yang dinilai sarat dengan budaya pragmatis dan hedonis sehingga perlu ada strategi untuk mengembalikan mereka pada fungsinya sebagai intelektual muda seperti stimulan-stimulan yang bisa menarik mereka untuk aktif berorganisasi dan forum-forum ilmiah untuk merangsang keilmuan yang dimilikinya. Di sisi lain komisi ini juga mengutarakan bahasannya tentang kerjasama dengan berbagai pihak termasuk alumni agar FIAI memiliki jaringan yang kuat dan baik.

          Dari rangkaian agenda dan pembahasan demi pembahasan dapat dilaksanakan sehingga diplenokan dan ditetapkan oleh dekan FIAI Drs. M. Fajar Hidayanto, MM sebagai acuan perjalanan FIAI satu tahun ke depan dalam meningkatkan mutu dan atmosfer akademik. (A. Nurozi)_   

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts

FAQ's

Teknologi

Technology

Live Traffic

Blogroll

Total Pageviews

Twitter (Follow Us)

Gadgets

Business

Nature

Featured Content Slider

Social Icons

Arsip Blog

Followers

Blog Archive

Featured Posts

Radio Streaming 98.7 Gen FM

Statistic

Kesehatan

Footer Widget 1

Social

Footer Widget 3

Agenda Terdekat

Agenda Terdekat
Milad UII Ke-71

Blogroll

Contact Form

Name

Email *

Message *

Like Us

Test Footer 2

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ "Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar." (QS.al-Baqarah [2]:153)

Lowongan Pekerjaan Terbaru

Kehidupan

Advertise Here

Powered by Blogger.

Footer Widget 2

Download Ae Sakarepe

Cari Artikel

Recommended