Home » » Dua Prodi FIAI Gelar Bedah Buku Dan Kitab Ekonomi Islam

Dua Prodi FIAI Gelar Bedah Buku Dan Kitab Ekonomi Islam

KALIURANG (Global FIAI News). Menaggapi perkembangan ekonomi islam di Indonesia, program studi hukum islam dan ekonomi islam FIAI UII menggelar bedah buku yang membahas tentang berbagai aspek ekonomi islam 18 Juni 2009 lalu di auditorium FTI UII. Hadir sebagai pembedah adalah Dr. Drs. Dadan Muttaqin, SH., M.Hum, dosen sekaligus akademisi FIAI UII bersama Drs. Zuhdi Muhdlor, SH., M.Hum, hakim pengadilan agama DIY. Keduanya didaulat untuk membedah buku tentang Penyelesaian Sengketa Perbankan Syariah karangan Dr. Drs. Dadan Muttaqin, SH., M.Hum. Menurutnya buku yang ia susun merupakan suatu upaya memperkaya khazanah ilmu pengetahuan dalam bidang perbankan syari'ah. ”Mengingat lahirnya sistem perbankan syari'ah di Indonesia masih relatif baru, teristimewa dengan lahirnya Undang-Undang No. 3 Tahun 2006 tentang Peradilan Agama yang diantaranya mengatur tentang penyelesaian sengketa ekonomi syari'ah, merupakan suatu hal yang spektakuler yang tidak terbayangkan sebelumnya. Maka implikasinya seluruh jajaran peradilan agama dituntut untuk mempersiapkan diri guna memenuhi tugas tersebut” ujar Dadan.
          Tidak hanya satu buku yang dibedah pada acara yang dikuti oleh 65 peserta juga menghadirkan Drs. Yusdani, M.Ag dan Drs. Asmuni MTH, MA., akademisi FIAI UII untuk membedah  Kitab: “Pemikiran Ekonomi Konvensional dan Ekonomi Islam (Al-Wajiz fi al-Fikri al-Iqtishadi al-Wadh’I wa al-Islami)” dan Ekonomi Islam: Antara Teori dan Praktik (al-Iqtisad al-Islami bain an-Nazariyah wa at-Tatbiq Dirasah Muqaranah bi al-Iqtisad al-Wad’i) karya Muhammad Taj Abdurrahman Ahmad al-Urusi seorang proponen ekonomi Islam. Yusdani mengungkapkan kitab tersebut merupakan suatu karya yang mengetengahkan pembahasan comparative perspective ( perbandingan) antara ekonomi Islam di satu sisi dengan ekonomi Konvensional di sisi lain. Di samping itu, buku ini juga mempresentasikan tiga pendekatan sekaligus, yaitu normatif, filosofis dan historis. Kehadiran buku baru ini   memberikan kontribusi penambahan literatur dan informasi berharga dalam kajian ekonomi Islam ( terutama di Indonesia ). ”Salah satu kritik tajam penulis buku ini menyoroti fenomena ekonomi Islam adalah bahwa ekonomi Islam masih terlalu ideal dan betul-betul belum membumi”, tambahnya.

Yusdani menegaskan letak perbedaan dasar antara sistem keuangan dan perbankan Islam dengan  konvensional berujung pada satu pertanyaan: apakah bunga itu halal atau haram (riba)? Perdebatan ini sudah berlangsung lama. Masing-masing pihak – baik yang mengatakan haram atau tidak – punya argumen yang valid. Akan tetapi, jika dikatakan bahwa bunga bank itu haram. Lalu solusi apa yang ditawarkan oleh pemikiran ekonomi Islam dalam hal transaksi keuangan? Menurut para pengusungnya, jawaban ekonomi Islam adalah bagi hasil dan bagi risiko. Ada tiga skema yang ditawarkan: mudharabah, musyarakah dan murabahah.Akan tetapi penerapan tiga skema ini hendaknya dijadikan tantangan bagi proponen ekonomi Islam untuk terus menemukan praktek keuangan dan perbankan yang otentik sekaligus tetap relevan dengan tantangan ekonomi modern. Alternatifnya adalah mendefinisikan kembali pemahaman dan posisi Islam mengenai bunga bank. (A. Nurozi)

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts

FAQ's

Teknologi

Technology

Live Traffic

Blogroll

Total Pageviews

Twitter (Follow Us)

Gadgets

Business

Nature

Featured Content Slider

Social Icons

Arsip Blog

Followers

Blog Archive

Featured Posts

Radio Streaming 98.7 Gen FM

Statistic

Kesehatan

Footer Widget 1

Social

Footer Widget 3

Agenda Terdekat

Agenda Terdekat
Milad UII Ke-71

Blogroll

Contact Form

Name

Email *

Message *

Like Us

Test Footer 2

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ "Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar." (QS.al-Baqarah [2]:153)

Lowongan Pekerjaan Terbaru

Kehidupan

Advertise Here

Powered by Blogger.

Footer Widget 2

Download Ae Sakarepe

Cari Artikel

Recommended